ANGKET AFEKTIF
Nama Siswa :
……….
No.Absen :
……….
Kelas : ……….
Petunjuk Pengisian Angket
Terhadap setiap pernyataan di bawah ini, Anda diminta menilainya dengan
cara memilih salah satu jawaban dan memberi tanda ceklist (√). Angket ini tidak
berhubung dengan nilai Anda. Jadi, isilah dengan jujur dan sesuai dengan
kenyataan. Keterangan : SS= sangat
setuju, S=Setuju, TB=Tidak Berpendapat, TS= Tidak setuju, STS= Sangat tidak setuju
|
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TB
|
TS
|
STS
|
|
1
|
Saya selalu berusaha menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
guru
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya selalu memberikan contekan
kepada teman saya dalam menjawab
soal ulangan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya selalu menyelesaikan tugas yang diberikan
oleh guru tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya selalu diam ketika guru
melemparkan pertanyaan kepada saya
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya sering meminta teman saya
untuk menyelesaikan tugas yang
diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya selalu berlatih mengerjakan soal- soal ujian
yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya sering males sekali untuk
berlatih mengerjakan soal- soal ujian
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya selalu mengikuti kegiatan ekstra di sekolahan
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya selalu berusaha untuk memutuskan mencari jalan keluar dalam
kegiatan diskusi
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya selalu menolak dalam menerima segala
keputusan yang diambil oleh teman saya
|
|
|
|
|
|
|
11
|
saya tidak bisa memutuskan
hasil diskusi tanpa dukungan dari teman
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Sebagai ketua kelas saya selalu
bertindak seenaknya sendiri
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Sebagai ketua kelas saya harus bertindak tegas jika ada teman yang
membuat gaduh/ramai dikelas saat jam kosong
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Saya selalu menyusun jadwal kegiatan setiap hari
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Saya tidak pernah menyusun jadwal
kegiatan setiap hari
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya berusaha untuk
menyesuaikan diri dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Saya selalu berusaha untuk
mengatur waktu antara belajar dan bermain
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Saya kesulitan untuk
menyesuaikan diri dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru
|
|
|
|
|
|
|
19
|
saya jarang mengatur waktu
antara belajar dan bermain
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Jika ada kesulitan dalam
pelajaran saya selalu mendiskusikan dengan teman saya atau guru
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Saya lebih suka diam jika ada kesulitan
daripada mendiskusikan dengan teman atau guru
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Saya selalu berusaha membagi tugas kelompok dengan adil
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Saya lebih suka memilih- milih
tugas sendiri daripada membagi tugas kelompok
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Saya jarang mempertimbangkan
pendapat dari teman saya sekecil apapun dalam kegiatan berdiskusi
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Saya mempertimbangkan pendapat
dari teman saya sekecil apapun dalam kegiatan berdiskusi
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Saya sering bertindak ceroboh
dalam melaksanakan kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Apabila pendapat saya benar
maka saya akan selalu berusaha untuk mempertahankannya
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Apabila pendapat saya benar
maka saya akan selalu berusaha untuk tidak mempertahankannya
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Apabila saya merasa sudah tidak
diperlukan dalam kelompok maka saya akan mengundurka diri
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Apabila saya merasa sudah tidak
diperlukan dalam kelompok maka saya tidak akan mengundurkan diri
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI RANAH AFEKTIF
|
No
|
Aspek
|
No Item
|
No Item
|
Jumlah
|
|
(+)
|
(-)
|
|||
|
1
|
Penerimaan (receiving)
|
1
|
2,4
|
3
|
|
2
|
Partisipasi (responding)
|
3,6,20
|
5,7,21
|
6
|
|
3
|
Penentuan sikap
(value)
|
8,9
|
10,11
|
4
|
|
4
|
Organisasi (organization)
|
14,16,17,22
|
15,18,19,23
|
8
|
|
5
|
Pengembangan pola (value
complex)
Pembentukan pola
|
13,24,27,29
|
12,25,26,28,30
|
9
|
|
|
Total
|
14
|
16
|
30
|
angketnya itu memang sudahdisusun berdasarkan A1-A5
BalasHapus