Sabtu, 05 Oktober 2013

Bimbingan dan Konseling - Rational Emotive Therapy


SEPUTAR KTSP

Dalam blog ini tersimpan berbagai file yang tersebar dan tersembunyi dalam berbagai post (tulisan). File-fle tersebut dalam bentuk doc, pdf, dan ppt, yang tentunya hanya bisa diketahui isinya setelah Anda men-download-nya terlebih dahulu. Sebagian hasil karya cipta sendiri dan sebagian lagi hasil karya pihak lain, yang menurut hemat saya sangat layak untuk diketahui oleh orang banyak.
Untuk memudahkan Anda mengakses file-file tersebut, saya telah menginventarisasi dan mengelompokkannya ke dalam 4 kategori [belum semuanya teridentifikasi]. Jika Anda berminat mengunduhnya, silahkan klik tautan di bawah ini.
akhmadsudrajat@2007
[ Seputar KTSP ]
PENILAIAN PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
ICE BREAK (GAME MULTI MEDIA)
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Untuk Memahami Konsep PTK, silahkan baca tautan ini:
KONSEP PEMBELAJARAN
[ Bimbingan-Konseling ]
[ Manajemen Pendidikan ]
[ Instrumen Supervisi ]
[AKREDITASI SEKOLAH]
Download Instrumen Akreditasi SMA
Download Instrumen Akreditasi SMP-MTs
Download Instrumen Akreditasi SD dan MI
=============
DOWNLOAD LAINNYA:
INSTRUMEN KINERJA SEKOLAH STANDAR NASIONAL
  1. Instrumen Standar Isi
  2. Instrumen Standar Proses
  3. Instrumen Standar Kompetensi Lulusan
  4. Instrumen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Instrumen Standar Sarana Prasarana
  6. Instrumen Standar Pengelolaan
  7. Instrumen Standar Pembiayaan
  8. Instrumen Standar Penilaian
 [ SEPUTAR PENILAIAN KINERJA GURU ]

ANGKET AFEKTIF


ANGKET AFEKTIF
Nama Siswa    : ……….
No.Absen        : ……….
Kelas               : ……….
Petunjuk Pengisian Angket
Terhadap setiap pernyataan di bawah ini, Anda diminta menilainya dengan cara memilih salah satu jawaban dan memberi tanda ceklist (√). Angket ini tidak berhubung dengan nilai Anda. Jadi, isilah dengan jujur dan sesuai dengan kenyataan. Keterangan : SS= sangat setuju, S=Setuju, TB=Tidak  Berpendapat, TS= Tidak setuju, STS= Sangat tidak setuju

No
Pernyataan
SS
S
TB
TS
STS
1
Saya selalu berusaha menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru





2
Saya selalu memberikan contekan kepada teman saya dalam menjawab soal ulangan





3
Saya selalu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru tepat waktu





4
Saya selalu diam ketika guru melemparkan pertanyaan kepada saya





5
Saya sering meminta teman saya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru





6
Saya selalu berlatih mengerjakan soal- soal ujian yang diberikan oleh guru





7
Saya sering males sekali untuk berlatih mengerjakan soal- soal ujian





8
Saya selalu mengikuti kegiatan ekstra di sekolahan





9
Saya selalu berusaha untuk memutuskan mencari jalan keluar dalam kegiatan diskusi





10
Saya selalu menolak dalam menerima segala keputusan yang diambil oleh teman saya





11
saya tidak bisa memutuskan hasil diskusi tanpa dukungan dari teman





12
Sebagai ketua kelas saya selalu bertindak seenaknya sendiri





13
Sebagai ketua kelas saya harus bertindak tegas jika ada teman yang membuat gaduh/ramai dikelas saat jam kosong





14
Saya selalu menyusun jadwal  kegiatan setiap hari





15
Saya tidak pernah menyusun jadwal kegiatan setiap hari





16
Saya berusaha untuk menyesuaikan diri dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru





17
Saya selalu berusaha untuk mengatur waktu antara belajar dan bermain





18
Saya kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru





19
saya jarang mengatur waktu antara belajar dan bermain





20
Jika ada kesulitan dalam pelajaran saya selalu mendiskusikan dengan teman saya atau guru





21
Saya lebih suka diam jika ada kesulitan daripada mendiskusikan dengan teman atau guru





22
Saya selalu berusaha membagi tugas kelompok dengan adil





23
Saya lebih suka memilih- milih tugas sendiri daripada membagi tugas kelompok





24
Saya jarang mempertimbangkan pendapat dari teman saya sekecil apapun dalam kegiatan berdiskusi





25
Saya mempertimbangkan pendapat dari teman saya sekecil apapun dalam kegiatan berdiskusi





26
Saya sering bertindak ceroboh dalam melaksanakan kegiatan praktikum





27
Apabila pendapat saya benar maka saya akan selalu berusaha untuk mempertahankannya





28
Apabila pendapat saya benar maka saya akan selalu berusaha untuk tidak mempertahankannya





29
Apabila saya merasa sudah tidak diperlukan dalam kelompok maka saya akan mengundurka diri





30
Apabila saya merasa sudah tidak diperlukan dalam kelompok maka saya tidak akan mengundurkan diri




















KISI-KISI RANAH AFEKTIF
No
Aspek
No Item
No Item
Jumlah

(+)
(-)
1
Penerimaan (receiving)
1
2,4
3
2
Partisipasi (responding)
3,6,20
5,7,21
6
3
Penentuan sikap
(value)
8,9
10,11
4
4
Organisasi (organization)
14,16,17,22
15,18,19,23
8
5
Pengembangan pola (value complex)
Pembentukan pola
13,24,27,29
12,25,26,28,30
9

Total
14
16
30